Thursday, January 21, 2016

Cara instal windows 7 dengan mudah dan cepat

Cara instal windows 2007

 

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang cara instal windows 7 menggunakan FLASHDISK. Walaupun sekarang sudah banyak pengeluaran terbaru windows seperti halnya windows 10 dan sebagainya, tapi windows 7 banyak di gunakan terutama pada notebook dan laptop karena lebih ringan, cepat, dan tampilanya juga bagus. Pertama siapkan sesuatu yang seharusnya di perlukan terlebih dahulu. Seperti : 
  • File windows 7
  • Rufus jika bentuk file windows 7nya ISO
  • Driver pack
Langkah-langkah PENGINSTALAN :
1. Flashdisk harus kosong.

2. Pecah file windows 7 menggunakan rufus. copy file windows 7 yang sudah pecah ke flashdisk anda (tanda jika flasdisk anda sudah siap di gunakan untuk menginstal windows adalah, gambar flashdisk anda akan berubah pada my komputer. jika sudah di copy tapi gambarnya masih belum berubah, anda eject/cabut terlebih dahulu flashdisk anda kemudian pasang kembali. jika file windowsnya benar, maka gambar flashdisk anda akan berubah). saya sarankan anda menggunakan flashdisk berkapasitas 8 Gb ke atas. jika anda menggunakan di bawah 8 Gb asalkan bisa menampung file windows tidak masalah.

3. Pastikan gambar flasdisk pada my komputer sudah berubah dan siap di gunakan.

4. Anda reboot/restart computer anda. Klik F2 pada keyboard ketika computer sedang restart awal. Maka anda akan di bawa ke menu awal computer.

5. Anda pilih BOOT. Jika tampilan USB ada di posisi bawah, Anda pindah posisi USBnya ke atas dengan cara tekan tombol min (-) pada keyboard.

6. Tekan F10 untuk keluar dan menyimpan.

7. Setelah tekan F10, ketika computer anda sedang proses, ANDA TEKAN SEMBARANG TOMBOL pada keyboard.

8. Maka anda akan memulai Proses installasi Windows 7  pilih bahasa, waktu dan keyboard yang anda inginkan setelah itu. Langsung saja klik Next.

 
9. Selanjutnya anda akan di tunjukan ke proses penginstalan windows 7. Klik INSTAL NOW.


10. Setelah itu anda pilih custom.
11. Lewati saja langkah pengaturan jam karna bisa di atur nanti. setelah anda klik next, menuju ke proses selanjutnya. Anda format partisi/memori C . jangan sampai keliru format D. karna akan menghapus semua file anda yang ada di D dan tidak bisa di undo. setelah di format, anda klik memori C dan klik next (sebelum klik next, pastikan anda sudah klik partisi C terlebih dahulu). Seperti pada gambar di bawah ini.


12. Selanjutnya anda menunggu hingga proses selesai semua. Proses selesai di tandai dengan tanda centang hijau (memerlukan sekitar 20 menit pada proses ini). Seperti pada gambar di bawah ini.

13. Kemudian computer akan booting/restart sendiri . pada waktu booting, anda tekan tombol F2 pada keyboard. Jangan sampai telat menekan tombol F2nya. Karna jika telat, anda akan ke proses instal lagi.

14. Setelah anda tekan F2, anda pilih boot dan pindahkan USB yang ada di atas ke bawah dengan cara tekan (-) pada keyboard => tekan F10.

15. Tunggu beberapa menit dan selesai.

16. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah instal driver pack. Driver pack gunanya untuk mengaktifkan hardware pada computer. Setelah driver pack di install, maka komputer anda sudah siap di gunakan dan sudah SELESAI. Cara instal driver pack lengkap download softwarenya.

Sekian dan semoga bermanfaat.




No comments:

Post a Comment